Sukses

Danrem: DIY Aman dari Ancaman Teroris

"Secara keseluruhan, wilayah Yogyakarta keadaannya aman, baik dari ancaman bahaya laten komunis maupun ancaman serangan teroris," kata Danrem 072 Pamungkas Kolonel Kavaleri Sumedy.

Liputan6.com, Gunung Kidul: Saat ini wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta aman dari ancaman bahaya laten komunis dan serangan teroris. "Secara keseluruhan, wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta keadaannya aman, baik dari ancaman bahaya laten komunis, maupun ancaman serangan teroris," kata Komandan Korem 072 Pamungkas Kolonel Kavaleri Sumedy.

Menurut dia, wilayah Gunung Kidul yang banyak bukit serta gua, juga aman dari kemungkinan jadi tempat persembunyian teroris. "Kami tak membeda-bedakan antara satu wilayah dengan yang lain, begitu pula dengan wilayah Gunung Kidul yang sampai saat ini kondisinya aman," katanya usai Jambore Daerah Pramuka DIY 2010 di Gunung Kidul, Ahad (3/10).

Lebih jauh dia mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya kegiatan komunis dan ancaman teroris, pihaknya telah meningkatkan keamanan melalui patroli terpadu. "Kami telah meningkatkan patroli terpadu dengan melibatkan unsur kepolisian, TNI Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut untuk menjaga ketertiban masyarakat," katanya.

Danrem mengingatkan jika masyarakat lebih dahulu mengetahui ada kegiatan yang mencurigakan, dan berpotensi ke aktivitas terorisme agar segera melapor. "Bantuan dan partisipasi masyarakat sangat membantu tugas kami dalam upaya menanggulangi kemungkinan tumbuhnya kembali paham dan ajaran komunis, serta serangan teroris," katanya.

Ia menambahkan, belum perlu dilakukan penambahan personel di beberapa perbatasan dalam upaya menghambat gerak para teroris. "Penambahan personel belum perlu untuk saat ini, karena semua daerah dalam kondisi aman. Hanya saja, kami meningkatkan kinerja Badan Pembina Masyarakat untuk melakukan sosialisasi tentang penanggulangan serangan teroris," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini