Sukses

Kini, Pemondokan Haji Dekat dengan Masjidil Haram

Pemerintah menjamin pemondokan jemaah haji tahun ini akan berjarak lebih dekat dengan Masjidil Haram di Kota Mekah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta: Ada kabar gembira bagi jemaah calon haji yang akan menunaikan ibadah di Tanah Suci. Pemerintah menjamin tahun ini pemondokan jemaah haji tidak akan berjarak lebih dari empat kilometer dari Masjidil Haram di Kota Mekah, Arab Saudi. Pemerintah juga akan menetapkan pemondokan dengan cara Qur`ah alias undian. Demikian disampaikan  Menteri Agama Surya Darma Ali di Jakarta, Selasa (28/9).

Menurut Menteri Agama, hal ini dilakukan untuk menghindari unsur ketidakadilan jemaah. Menteri Agama pun sudah memimpin proses pengundian 71 pemondokan atau maktab, siang tadi.

Pemerintah telah menyiapkan 71 maktab yang terdiri dari, 374 rumah berkapasitas 200.855 anggota jemaah. Sebanyak 210 rumah ada di ring satu dengan jarak 2.000 meter dari Masjidil Haram, serta 164 rumah di ring dua dengan jarak 4.000 meter.

Jemaah haji tahun 1413 Hijriah, ada 125.845 jemaah yang berada di ring satu, atau 63 persen. Sedangkan di ring dua, 75 ribu lebih atau 37 persen. Tahun ini, jemaah haji memang mengalami peningkatan di ring satu, dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 27 persen.

Namun, masih menurut Menteri Agama, tidak menutup kemungkinan adanya kelemahan selama berada pemondokan. Ini mengingat peserta haji bukan dari Indonesia saja. Adapun jemaah haji Indonesia sudah mulai diterbangkan 12 Oktober nanti.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini