Sukses

Satu Kompleks, Lima Rumah Ibadah

Selain dikenal sebagai daerah tujuan wisata, Pulau Bali juga dikenal dengan kerukunan antarumat beragama. Hal ini terlihat, misalnya, dari sebuah kompleks yang menampung rumah ibadah dari lima agama berbeda di Nusa Dua.

Liputan6.com, Nusa Dua: Selain dikenal sebagai daerah tujuan wisata, Pulau Bali juga dikenal dengan kerukunan antarumat beragamanya. Hal itu terlihat, misalnya, dari sebuah kawasan yang dijadikan tempat berdirinya lima rumah ibadah di satu tempat di Nusa Dua. Nama kompleks tersebut Puja Mandala.

Di Kompleks Puja Mandala terdapat lima rumah ibadah yaitu Pura, Gereja Protestan, Wihara, Gereja Katolik, dan Masjid. Hingga kini tidak pernah terjadi konflik antarpemeluk agama yang satu dengan yang lain di komplek ini. Mereka hidup rukun dengan didasari sikap toleransi antarumat beragama.

Selain dikunjungi umat dari berbagai keyakinan untuk beribadah, Kompleks Puja Mandala dikunjungi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Kompleks ini sendiri dibangun pada 1994 oleh pihak Bali Tourism Development Centre (BTDC) untuk para wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali khususnya di kawasan wisata Nusa Dua.

Selain melihat keindahan Kompleks Puja Mandala, di tempat ini para wisatawan juga diajak lebih memahami pentingnya arti kerukunan atau toleransi antarumat beragama.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.