Sukses

Ribuan Orang Mengantre Makanan Berkah

Ribuan orang di beberapa wilayah yang masih mempercayai hal-hal berbau mistis berkerumun demi mendapatkan makanan yang dianggap membawa berkah.

Liputan6.com, Kudus: Ribuan orang berkumpul di kompleks pemakaman Sunan Muria, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (17/9). Mereka tengah mengantre pembagian kupat pembawa berkah. Gulungan kupat itu dianggap bisa mendatangkan kebaikan bagi kehidupan masyarakat yang percaya.

Sementara masyarakat Pekalongan mengantre lopis yang juga dipercaya sebagai pembawa berkah. Mereka rela berjam-jam berdesakan di tengah kerumunan demi alasan yang sama, memperoleh keberuntungan jika berhasil memiliki lopis tersebut.

Inilah wajah masyarakat Indonesia yang dikenal masih lengket dengan budaya lokal. Acara rebutan kupat dan lopis merupakan bagian dari peringatan Syawalan atau lebaran ketupat. Biasa diadakan setelah Idul Fitri.(OMI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.