Sukses

Jadi Pengemis Bukanlah Keinginan Nenek Ponijah

Seorang nenek diambil dari Yogyakarta dan dibuang di pinggir jalan karena tidak mau mengemis.

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah kisah sedih korban sindikat pengemis dialami Nenek Ponijah. Ia berkisah bagaimana dirinya dibawa ke Jakarta dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebelum Lebaran.

Penderitaan nenek yang sudah renta itu dimulai saat dipaksa mengemis dan rambut panjangnya dipotong secara paksa oleh sindikat. Ia tidak pernah berkeinginan untuk menjadi pengemis. Hingga akhirnya membuat jengkel dan dibuang di pinggir jalan.

"Saya bukan pengemis. Meski miskin, keluarga saya tidak ada yang mengemis," kisahnya dalam bahasa Jawa yang kental saat ditemui di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Rabu (15/9).

Nasib Ponijah masih beruntung. Ia ditemukan sebuah keluarga yang peduli dan mau merawatnya. Namun masih banyak Ponijah lainnya di jalanan. Mereka melakukannya karena dibawa sindikat pengemis yang semakin kejam. Pemerintah pun ditantang untuk membongkar sindikat pengemis yang kian meluas.(MRQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.