Sukses

Besok, Tim Rukyat Jepara Pantau Hilal

Tim Rukyat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan menggunakan Pantai Kartini untuk melihat posisi hilal (bulan) sebagai syarat penentuan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1431 Hijriah, Rabu besok.

Liputan6.com, Jepara: Tim Rukyat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan menggunakan Pantai Kartini untuk melihat posisi hilal (bulan) sebagai syarat penentuan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1431 Hijriah, Rabu besok. Menurut Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Jepara Muhammad Habib di Jepara, Selasa (7/9), rukyatul hilal akan dilakukan besok mendekati waktu magrib. "Sekitar pukul 04.00 WIB, kami harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melihat hilal," ujarnya.

Rencananya, imbuh dia, kegiatan tersebut dipusatkan di Pantai Kartini, Jepara dengan mendatangkan beberapa petugas dari instasi terkait dan para akademisi, serta masyarakat. Ia memperkirakan, penentuan 1 Syawal ini tidak akan diikuti Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, seperti halnya penentuan awal Ramadan 1431 bulan lalu.

Penentuan 1 Syawal nanti hanya akan diikuti pejabat Kantor Kementerian Agama dan petugas pemerintahan di Jepara dan daerah sekitarnya. "Kemungkinan besar, Kantor Kementerian Agama Provinsi Jateng akan melakukan kegiatan serupa di daerah lain," ujar Muhammad Habib.

Sejumlah tokoh diperkirakan hadir. Di antaranya ahli rukyat Nur Rohmat dari Kantor Kementerian Agama Jepara, organisasi massa Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), serta perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Pati. Hasil "rukyatul hilal" akan dilaporkan kepada Kementerian Agama meskipun hilal belum bisa dilihat atau sudah. "Nantinya, pihak yang benar-benar melihat hilal akan disumpah oleh Dewan Isbat," ucapnya.

Apabila hilal tidak terlihat, maka pengumuman penentuan 1 Syawal 1431 Hijriah menunggu pengumuman atau keputusan Menteri Agama. "Bisa saja, di daerah lain hilal bisa terlihat," katanya.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.