Sukses

Sinergikan Program TKI, BNP2TKI Gelar Safari Ramadan

Untuk ketiga kalinya berturut-turut, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan kembali mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan tahun ini dengan melaksanakan Safari Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta: Untuk ketiga kalinya berturut-turut, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan kembali mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan tahun ini dengan melaksanakan Safari Ramadhan.

Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat emimpin langsung pelaksanaan Safari Ramadhan bertema "Kualitas TKI Bermartabat", yang akan mengunjungi kota-kota di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Lampung, Banten, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). "Jika dua kali Safari Ramadhan sebelumnya kita menyisir kota-kota di Pulau Jawa, mulai dari jalur Pantura hingga jalur Selatan, kali ini kita sengaja memilih daerah-daerah yang menjadi kantong-kantong TKI di Sumatra, Lampung dan NTB,"Ujar Jumhur di Jakarta, Rabu (11/8).

Menurut Kepala BNP2TKI itu, pelaksanaan Safari Ramadan III BNP2TKI pada 19 hingga29 Agustus ini akan menjangkau Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Serang, Tangerang, Kabupaten Sumbawa, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Safari Ramadan III BNP2TKI ini meliputi peninjauan persiapan arus mudik TKI, dialog dan buka bersama dengan TKI, Calon TKI, TKI Purna dan Keluarga TKI. Dialog dengan mitra kerja penempatan dan perlindungan TKI seperti Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), Pemda, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), pengelola Sarana Kesehatan (Sarkes), dan LSM, sosialisasi melalui media-media massa daerah. BNP2TKI juga akan menyampaian bantuan untuk TKI Bermasalah, meninjau sentra-sentra produksi yang dikelola TKI Purna, sosialisasi di sekolah-sekolah kejuruan dan perguruan-perguruan tinggi, meninjau Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP), meninjau kantong-kantong TKI, dan meninjau pasar TKI.

"Pasar TKI yang kita tinjau itu ada di Desa Labuan Batu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Itu betul-betul murni pasar yang dirintis dan dikelola oleh TKI Purna dan keluarga TKI," kata Jumhur. Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat menjelaskan, pada Safari Ramadan I tahun 2008 yang menjangkau kota-kota di Pantura Jawa, sebagai pemimpin lembaga baru pihaknya menekankan pada pengenalan program. Karena itu tema pada Safari Ramadan I adalah "Menyapa TKI". Tahun berikutnya pada 2009, Safari Ramadan yang menjangkau kota-kota di Selatan Jawa mengambil tema "Lebih Dekat Dengan TKI". "Untuk Safari Ramadan III ini kita akan cek pelaksanaan program BNP2TKI, seberapa besar mampu meningkatkan kualitas TKI. Karena itu, Safari Ramadan III ini mengambil tema Kualitas TKI Yang Bermartabat, sebagai bentuk kepedulian kita pada nasib TKI," tambahnya.

Menurut Jumhur, Safari Ramadan adalah semacam forum untuk mengevaluasi program-program BNP2TKI di daerah, mencari masukan program yang lebih dibutuhkan, dan meningkatkan sinergi dengan seluruh stakeholder TKI. (BNP2TKI/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini