Sukses

Pemakaman Umum Jadi Tempat Mengais Rezeki

Ritual ziarah kubur menjelang Ramadan sudah menjadi tradisi. Aktivitas ini ternyata menjadi berkah tersendiri bagi sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta: Ramadan kian dekat. Sesuai tradisi, sebagian kaum muslim pun tak lupa menyempatkan diri berziarah ke makam keluarga. Tempat pemakaman umum mendadak dipadati peziarah yang ingin mengirim doa. Di TPU Karet Bivak, Tanahabang, Jakarta Pusat, misalnya. Peziarah datang dari hampir segala penjuru Ibu Kota. Aktivitas ini biasanya terjadi pada pagi dan sore hari ketika terik matahari tak lagi menyengat.

Ritual menjelang Bulan Suci ini dilihat sebagian orang sebagai sumber berkah. Penjual bunga dadakan, misalnya, yang muncul pada saat-saat tertentu saja seperti menjelang Ramadan atau ketika Lebaran tiba. Ataupun sekelompok bocah hingga orang dewasa yang hadir di tengah-tengah ritual ziarah kubur. Mereka biasanya adalah warga sekitar yang mengais rezeki dari jasa membersihkan makam.

Tak hanya penjual bunga dan jasa membersihkan makam, tukang parkir pun tampak sibuk mengatur kendaraan para peziarah yang tak tertampung di areal parkir TPU Karet Bivak. Tentu saja, lalu lintas di sekitar lokasi akan sedikit tersendat dan tak jarang menimbulkan kemacetan panjang.(MRQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini