Sukses

HUT ke-70 Gus Dur Diperingati

Sejumlah tokoh dan sahabat, seperti Wimar Witoelar, Mohammad Sobary, Bondan Gunawan, Franz Magnis Suseno, Muji Soetrisno, dan Paul Wolfowitz, akan hadir dalam peringatan HUT ke-70 Gus Dur nanti sore.

Liputan6.com, Jakarta: Keluarga besar almarhum KH Abdurrahman Wahid akan menyelenggarakan ulang tahun ke-70 Gus Dur. Peringatan HUT diselenggarakan di Jalan Warung Sila No.10, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (7/8) sore.

Menurut Ketua Panitia Ultah ke-70 Gus Dur, Masduki Baidlowi, acara akan dikemas dalam bentuk istighotsah (doa bersama) untuk Gus Dur. Rencananya, akan hadir dua deklarator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yaitu KH Muchit Muzadi dan KH Mustofa Bisri, yang juga Wakil Rais Aam PB Nahdlatul Ulama. Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj juga dijadwalkan hadir bersama puluhan kiai dan tokoh masyarakat.

Masduki Baidlowi menambahkan, kedua deklarator PKB juga akan memberikan taushiyah, pesan-pesan tentang perjuangan Gus Dur, baik ketika memimpin NU selama tiga periode 1984-1999, dan ketika mendirikan PKB. Mereka juga bakal menceritakan kisah Gus Dur ketika menjadi Presiden RI ke-4 tahun 1999-2001 hingga Gus Dur wafat pada Rabu, 30 Desember 2009.

Selain KH Muchit Muzadi dan KH Mustofa Bisri, kata Masduki, juga akan hadir pimpinan dan mantan pimpinan DPP PKB Gus Dur. Mereka antara lain KH Turmudzi Bahrudin (NTB), Habib Saggaf, KH Hamdun Ahmad, Sugiat Ahmad Sumadi, KH Aminullah Muhtar, Aminullah Abdurrahim, dan ulama NU dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, NTT, Bali dan sebagainya.

Menurut Choirul Sholeh Rasyid, pengurus DPW dan DPC PKB versi Gus Dur, sahabat Gus Dur seperti Wimar Witoelar, Mohammad Sobary, Bondan Gunawan, Franz Magnis Suseno, Muji Soetrisno, dan Paul Wolfowitz juga diagendakan hadir. Panitia berharap, acara ini dapat mengingatkan kembali perjuangan Gus Dur di masa mendatang, terutama dari generasi muda.(ULF/ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini