Sukses

Misi Harmonisasi dalam Kirab Eng Ang Kiong

Kelenteng Eng Ang Kiong menggelar kirab alias ritual peringatan hari ulang tahun ke-168 dengan membawa misi harmonisasi.

Liputan6.com, Malang: Kelenteng Eng Ang Kiong menggelar kirab alias ritual peringatan hari ulang tahun ke-168 di Jalan Martadinata, Malang, Jawa Timur, Ahad (1/8). Berbeda dengam ritual sebelumnya, kirab kali ini lebih terkesan membawa misi harmonisasi.
 
Hal tersebut terlihat dengan munculnya sekelompok seniman tradisional yang ikut berpawai di tengah iring-iringan. Kelompok tradisional ini berbaur dengan budaya etnis lainnya seperti barongsai dan umat agama lain. Dalam kirab tersebut, tandu persembahyangan memimpin iring-iringan. Disusul barisan pembawa panji dan sekumpulan pemuda Tionghoa memainkan barongsai.
 
"Kirab kali ini memang berbeda karena diikuti beberapa kelompok berbeda. Tujuannya supaya umat Tionghoa dan yang lainnya bisa hidup harmonis," kata Panitia Kirab Bratayana Ongkowijaya. Kirab mencapai klimaksnya ketika peserta berebut buah dan hasil bumi lainnya sebagai tanda kebersamaan meski hidup dalam perbedaan.(ASW/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.