Sukses

Ternyata Ada Vaksin Meningitis Halal

MUI menemukan dua vaksin meningitis asal Italia dan Cina yang tidak mengandung enzim pada babi.

Liputan6.com, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia menemukan dua vaksin meningitis yang tidak mengandung enzim pada babi. Vaksin tersebut bermerk Menveo Meningococcal dari Italia dan Mevac Acyw 135 produksi Cina. Keduanya telah melalui proses pencucian secara benar. Nantinya, bakal ada sertifikasi halal yang berlaku hingga dua tahun.

Menurut Ketua MUI, KH Ma'ruf Amin, Selasa (20/7) untuk menjaga konsistensi kehalalan, perusahaan bersangkutan wajib menerapkan sistem jaminan halal selama dua tahun sekali. Sebelumnya, vaksin bermerk Mencevax Acyw 135 yang diproduksi Belgia dinyatakan haram lantaran dalam pembuatannya bersentuhan dengan bahan yang tercemar najis babi.

Di lain pihak, pemerintah Arab Saudi mengharuskan semua jamaah divaksin meningitis untuk menghindari serangan radang selaput otak yang biasa ditularkan jamaah asal Afrika.(ASW/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini