Sukses

Din Syamsudin Bermain Ketoprak

Ditengah kesibukannya dalam Muktamar, Ketua PP Muhamadiyah menyempatkan diri bermain ketoprak humor yang digelar selasa (6/7) malam di Taman Budayan Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta: Ditengah kesibukannya dalam Muktamar, Ketua PP Muhamadiyah menyempatkan diri bermain ketoprak humor yang digelar selasa (6/7) malam di Taman Budayan Yogyakarta. Di dalam pentas ketoprak ini, Din berperan menjadi Ki Pamungkas, yaitu seseorang yang memberikan keadilan dan pencerahan kepada orang lain.

"Saya tidak minder ikut dalam pentas ini, meskipun Bahasa Jawa saya pas-pasan dan baru pertama kali ikut pentas ketoprak," katanya. Di dalam pentas tersebut, Din yang berasal dari Sumbawa tidak menggunakan Bahasa Jawa secara utuh, tetapi justru lebih sering berdialog dengan Bahasa Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin menyatakan bahwa kesenian ketoprak bisa menjadi ajang dakwah multikultural karena seni tradisi tersebut masih diminati oleh masyarakat. Menurut Din, cerita yang dibangun dalam ketoprak dapat disisipi dengan pesan-pesan moral keagamaan sehingga secara tidak disadari akan terserap ke benak penonton. (ARI)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.