Sukses

Marinir Indonesia-AS Latihan Baku Tembak

Marinir AS dan Marinir Indonesia latihan baku tembak di bibir hutan Baluran, Situbondo. Selain baku tembak latihan juga diisi bakti sosial.

Liputan6.com, Situbondo: Marinir Amerika Serikat atau United States Marine Corps (USMC) dan Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia latihan baku tembak di bibir hutan Baluran, Banyu Putih, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (22/6).

Staf Dinas Penerangan Korps Marinir Lettu Marinir Mardiono menyebutkan baku tembak itu merupakan bagian dari latihan bersama bertajuk Interoperability Field Training Exercise (IIP-FTX) Marine Exercise (Marex) 2010.

"Sejumlah prajurit Marinir Indonesia-AS melakukan patroli dari arah berbeda, lalu tiba-tiba terjadi perjumpaan antarkeduanya dan baku tembak pun tak dapat dielakkan di sebuah persimpangan jalan setapak di bibir hutan Baluran," katanya.

Pertempuran hebat itu hanya simulasi. Setelah itu para pelatih dari USMC membagikan ilmu perang kota, sehingga Marinir kedua negara saling belajar. Sebab pelatih dari Korps Marinir TNI AL telah membagi ilmu perang hutan pada latihan sebelumnya.

Latihan bersama yang dihelat sejak 19 Juni hingga 26 Juni itu meliputi latihan operasi amfibi, patroli tempur, tembak tempur, perang kota, dan sniper. Ada juga bakti sosial kesehatan di Puskesmas Wonorejo  dan renovasi gedung SDN 03 Banyuputih.

Kegiatan bergengsi itu melibatkan 496 prajurit Marinir Indonesia, 660 prajurit USMC, satu unit kapal perang USS Dubuque, 15 unit Assoult Amphibious Vehicles (AAV), dan dua unit Heli Cinox.

"Latihan bersama bertujuan meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit, sekaligus menciptakan hubungan persaudaraan yang erat Marines Brotherhood antara pasukan kedua negara serta menjalin kerja sama militer di bidang pertahanan," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.