Sukses

Puncak-Cipanas Macet Total

Liputan6.com, Cianjur: Jalur Puncak-Cipanas, Jawa Barat, menuju arah Jakarta, macet total, Ahad (20/6) sore. Antrean panjang kendaraan mencapai 18 kilometer.

Kepadatan arus lalu lintas, khususnya menuju arah Jakarta, terjadi sejak pukul 16.30 WIB. Antrean kendaraan sempat tidak bergerak sama sekali selama 30 menit.

Menurut Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Gatot Satrio Utomo, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengantispasi terjadinya macet total sejak siang. Namun, katanya, kepadatan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cipanas terus meningkat.

Gatot menuturkan, pusat kepadatan arus kendaraan tersebut terlihat di beberapa titik. Terutama, katanya, jalan masuk ke kawasan wisata, seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

"Untuk mengurai kemacetan, kami berkoordinasi dengan petugas di wilayah Bogor dengan memberlakukan sistem satu arah. Hari ini sudah dua kali sistem satu arah diberlakukan," katanya. "Di kedua titik rawan macet itu, kami menurunkan puluhan anggota."

Selain memberlakukan sistim buka tutup satu arah, kata Gatot, pihaknya mengalihkan kendaraan dengan tujuan Bogor, Jakarta, dan seterusnya, ke beberapa jalur alternatif.

Dua tempat wisata Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara mengalami puncak kunjungan pada akhir pekan ini. Jumlah pengunjung yang datang ke dua tempat tersebut mencapai belasan ribu orang.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.