Sukses

Siswa di Tabanan Isi Liburan dengan Kerja

Mengisi liburan sekolah tidak harus dengan mengunjungi tempat wisata. Di Tabanan, Bali, liburan sekolah dimanfaatkan para siswa untuk untuk mengais rezeki dengan bekerja di sentra kerajinan dulang kaca.

Liputan6.com, Tabanan: Para siswa di Banjar Amerta Sari, Desa Kukuh, Tabanan, Bali, belum lama ini, mengisi liburan sekolah dengan bekerja sebagai perajin dulang kaca. Dulang adalah salah satu alat atau sarana yang digunakan dalam kegiatan upacara agama. Dulang adalah tempat untuk menaruh sajen yang akan dibawa ke pura.
 
Setiap pagi para siswa sudah memulai aktivitasnya dengan memasang potongan-potongan kaca berwarna pada dulang kayu. Sang perajin pun merasa senang karena usahanya terbantu. Mereka juga senang bisa membantu para pelajar mengisi liburan sekolah dengan kerja sampingan.
 
Biasanya dalam sebulan, tanpa dibantu tenaga para siswa sang perajin hanya bisa membuat 250 sampai 300 buah. Namun memasuki musim liburan dalam sebulan dulang yang bisa diselesaikan minimal 500 buah. Harga kerajinan dulang kaca yang dibuat para pelajar itu sekitar Rp 110 ribu hingga Rp 150 ribu per buah.(IAN) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.