Sukses

Malam Ini, Pesta Kesenian Bali Dibuka

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 di Denpasar, Bali. Pesta kesenian itu akan berlangsung selama sebulan.

Liputan6.com, Denpasar: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 di panggung terbuka Ardha Chandra Taman Budaya Denpasar, Bali, Sabtu (12/6) malam. PKB yang mengusung tema "Sudamala", yakni mendalami kemurnian nurani,
berlangsung selama sebulan penuh hingga 10 Juli mendatang.

Usai membuka PKB, kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Bali I Putu Suardhika, Kepala Negara didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu akan menyaksikan suguhan pementasan sendratari kolosal garapan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

"PKB memiliki lima agenda pokok, yakni pawai budaya, perlombaan, pagelaran, saresehan, serta pameran industri kecil dan kerajinan rumah tangga," kata Suardhika. "Pawai budaya digelar lebih awal dan dibuka oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika di depan bangsal Jaya Sabha Gubernuran Denpasar Sabtu sore."

Selama sebulan, jelas Kepala Dinas Kebudayaan Bali Ida Bagus Sedhawa, PKB menampilkan 180 kali pementasan dan melibatkan 15.000 seniman se-Bali. "Dua belas daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam PKB, antara lain Jawa Timur, Riau, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Kalimantan Barat. Selain itu, juga tercatat sembilan grup kesenian mancanegara, antara lain dari Amerika Serikat, India, Swedia, Jepang, Kanada, dan Prancis," katanya.(Ant/TES/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.