Sukses

Persiapan Sail Banda Sudah 90 Persen

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan persiapan kegiatan Sail Banda 2010 di Maluku mencapai 90 persen. Sail Banda akan berlangsung pada 27 Juli hingga 8 Agustus 2010.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan persiapan untuk melangsungkan kegiatan Sail Banda 2010 di Maluku mencapai 90 persen. "Persiapan mencapai 90 persen," kata Agung Laksono di Jakarta, Sabtu (12/6). Hal tersebut diketahui berdasarkan rapat koordinasi tingkat menteri soal persiapan Sail Banda 2010 di Jakarta, Jumat kemarin.

Dalam rapat itu hadir Menkokesra Agung Laksono, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro serta beberapa pejabat lainnya. Agung menyebutkan, secara keseluruhan rangkaian acara Sail Banda akan berlangsung pada 27 Juli hingga 8 Agustus 2010. Sementara puncak acara Sail Banda akan diselenggarakan pada 3 Agustus 2010 dan menurut rencana akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu mengatakan, sebagai tuan rumah pihaknya siap menggelar Sail Banda 2010, baik dari segi keamanan maupun sarana prasarana dan lain sebagainya. "Dari segi keamanan kami sudah berkoordinasi dengan aparat terkait guna mempersiapkan kondisi prima, terlebih lagi ada rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk hadir pada acara puncak," katanya.

Selain itu, gubernur juga menambahkan hotel-hotel untuk menampung tamu yang datang mulai dari hotel melati hingga kelas berbintang sudah dipersiapkan. Beberapa kegiatan dalam Sail Banda di antaranya lomba perahu layar yang dimulai dari Darwin Australia, lomba memancing, dan turnamen menyelam internasional.

Selain itu akan dihadirkan tujuh konferensi nasional dan internasional, di antaranya konferensi kerja sama Indonesia-Australia di bidang kelautan dan perikanan, konferensi internasional terumbu karang dan pulau-pulau kecil, konferensi nasional ke-VII pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Lima angkatan laut dari lima negara sahabat yakni Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura dan Malaysia juga sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut berpartisipasi dalam acara Operasi Bakti Surya Baskara Jaya.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.