Sukses

Penyembuhan Jiwa dari Luh Ketut Suryani

Luh Ketut Suryani, seorang profesor ahli jiwa di Pulau Dewata, tak jemu mendatangi pasiennya dari rumah ke rumah tanpa bayaran apa pun.

Liputan6.com, Karangasem: Siang itu Luh Ketut Suryani mengunjungi pasiennya di sebuah desa di Kabupaten Karangasem, Bali. Lantaran membengkaknya biaya perawatan, keluarga pasien memilih memasungnya di kandang sapi. Menurut Ketut Wedana, salah satu anggota keluarga pasien, kakaknya itu memang kerap mengamuk.

Sebagai psikiater, hati Suryani tergerak untuk menangani pasien gangguan jiwa. Sebagian besar penderita gangguan jiwa di Pulau Dewata, berasal dari keluarga tidak mampu, bahkan berada di lokasi sulit dijangkau. Namun, hal itu tak menghalangi niat baik Guru Besar Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tersebut.

Seakan tak mengenal lelah dan jemu, profesor ahli jiwa ini mendatangi pasiennya dari rumah ke rumah tanpa bayaran apa pun. Suryani mengobati pasiennya dengan metode bio-psiko-sosiobudaya yang menggabungkan metode pengobatan spiritual dengan medis [baca: Luh Ketut Suryani, Sang Profesor Kejiwaan].

Bersama Cokorda Bagus Jaya Lesmana--putranya yang juga seorang psikiater, dan sejumlah relawan, Suryani mencoba menyembuhkan para pasien gangguan jiwa. Mereka pun tak mengenal kata bosan meski jumlahnya terus bertambah di Pulau Dewata.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini