Sukses

Warung Baca ala Kiswanti

Ibu rumah tangga dari keluarga sederhana di kawasan Parung, Bogor, Jabar, bekerja dengan tujuan menambah koleksi bukunya. Kini, perempuan bernama Kiswanti memiliki warung baca bagi warga setempat.

Liputan6.com, Bogor: Warung Baca Lebakwangi (warabal) di Desa Pemagarsari, Parung, Bogor, Jawa Barat, memiliki 7.400 koleksi buku. Ini bisa terkumpul karena seorang perempuan bernama Kiswanti dengan tekun mengumpulkannya. Salah satu pekerjaan yang ia lakukan demi mendapatkan buku ialah menjadi pekerja rumah tangga.

Sejak 1997, Kiswanti berkeliling kampung meminjamkan buku koleksinya pada warga setempat. Sayangnya, ibu rumah tangga yang juga berjualan jamu tersebut tak bisa menjajakan buku untuk waktu yang lama. Penyakit liver mendera raga sehingga ia harus banyak istirahat. Bermodalkan uang pinjaman, bantuan donatur, serta bekal tabungan, dia lantas mendirikan warung baca.

Warabal kini tidak hanya menjadi perpustakaan kecil. Bangunan tersebut juga berfungsi sebagai sekolah bagi sebuah kelompok bermain. Bahkan, sejumlah relawan membantu menjalankan program perpustakaan keliling.(OMI/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini