Sukses

Warga Baduy Rayakan Sunatan Massal

Warga komunitas Suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, merayakan tradisi sunatan massal pada bulan "kalima" menurut almanak mereka.

Liputan6.com, Lebak: Warga komunitas Suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, merayakan tradisi sunatan massal pada bulan "kalima" menurut almanak mereka. "Perayaan sunatan massal maupun pernikahan bagi warga Baduy hanya bisa dilaksanakan pada bulan kalima dan katujuh," kata Koordinator Pemandu Wisata Budaya Baduy Asep Kurnia di Lebak, Rabu (2/6).

Asep mengatakan, perayaan sunatan massal di kawasan Baduy sudah digelar di empat kampung yakni Cisaban, Batara, Kadu Koak dan Cicaringin dengan jumlah 40 anak atau sebanyak 39 kepala keluarga. Selama ini, mereka anak-anak yang disunat itu dilakukan bengkong atau dukun setempat dan kini dalam kondisi sehat serta aman. "Warga Baduy hingga kini masih menolak mantri puskesmas atau dokter menyunat anak-anak karena terhalang adat itu," katanya.

Dia juga mengatakan, sunatan massal dan menikah juga akan digelar tanggal 6-7 Juni bertempat di Kampung Kadu Ketug sebanyak 27 anak dan dua menikah, sedangkan Kampung Gajeboh 40 anak dan lima menikah. Dari dua kampung tersebut sebagai tuan rumah yang melaksanakan perayaan menikah dan sunatan sebanyak 29 kepala keluarga. Bahkan, sunatan massal dan menikah ini akan dihadiri Wakil Gubernur Banten HM Masduki.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini