Sukses

Balita Menderita Bocor Ginjal

Seorang bocah tiga tahun mengalami pembengkakan di sekujur tubuh karena kebocoran ginjal. Karena tak ada biaya, ia hanya dirawat di rumah.

Liputan6.com, Semarang: Seorang bocah tiga tahun di Merakrejo, Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mengalami pembengkakan di sekujur tubuh karena kebocoran ginjal. Karena tak ada biaya, ia hanya dirawat di rumah dengan mengandalkan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Andra Luhur Insani, nama sang bocah, sekilas tampak sehat dan gemuk. Tapi sebenarnya, putra pasangan Hartati dan Bayu Arto ini mengalami kebocoran ginjal atau aprotex syndrom sejak berusia 18 bulan. Kebocoran ginjal ini diketahui orang tuanya pada saat Andra mengalami demam menyusul pembengkakan mata kirinya.

Penumpukan cairan protein di dalam tubuh pun menyebar dan berat badannya mencapai 21 kilogram. Sebenarnya Andra harus dirawat di rumah sakit dengan biaya puluhan juta rupiah untuk mengatasi penyakitnya. Namun apa daya, sang ayah justru menjadi korban pemutusan hubungan kerja dan ibunya hanya buruh pabrik sepatu.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.