Sukses

Ratusan Lampion Dilepas ke Angkasa

Sebanyak 800 lampion dilepaskan ke udara di empat sudut Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (28/5) sekitar pukul 19.30 WIB. Pelepasan lampion ini untuk memeriahkan peringatan Hari Raya Waisak.

Liputan6.com, Magelang: Sebanyak 800 lampion dilepaskan ke udara di empat sudut Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (28/5) sekitar pukul 19.30 WIB. Pelepasan lampion yang dilakukan tidak bersamaan ini untuk memeriahkan peringatan Hari Raya Waisak.

Pelempasan lampion ini disambut meriah umat Buddha serta masyarakat umum dan para turis. Mereka bertepuk tangan setiap lampion dilepaskan untuk diterbangkan. Saat berada di udara, lampion tampak begitu indah seperti ratusan kunang-kunang yang berterbangan memancarkan cahaya.

Sebelumnya dilakukan upacara pradaksina yaitu para biksu diikuti umat buddha mengitari Candi Borobudur sebanyak tiga kali dengan diiringi lagu buddham saranam gachami. Selama mengeliling candi, mereka menghayati ajaran Sang Buddha, antara lain tidak berbuat jahat, perbanyak berbuat kebajikan dan kebaikan, serta menyebarkan cinta kasih. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.