Sukses

Detik-Detik Tri Suci Waisak di Borobudur

Ribuan umat Buddha dan biksu memadati Candi Borobudur di Magelang untuk memperingati detik-detik Tri Suci Waisak 2554.

Liputan6.com, Magelang: Ribuan umat Buddha memadati Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (28/5) siang, untuk memperingati detik-detik Tri Suci Waisak 2554. Ratusan biksu juga berkumpul mengikuti prosesi ini. Para biksu tidak hanya dari Indonesia. Sebanyak 200 biksu merupakan perwakilan dari luar negeri.

Sementara itu ritual kirab dilakukan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi). Kirab merupakan merupakan ritual berjalan kaki dari Candi Borobudur ke Candi Pawon yang berjarak 6,5 kilometer. Setelah di Pawon peserta kirab kembali lagi ke Borobudur. Selain kirab, banyak biksu yang berdoa di tenda-tenda.

Para wisatawan yang sempat dilarang memasuki Candi Borobudur, kini sudah bisa menyaksikan ritual detik-detik Tri Suci Waisak. Namun pukul 14.00 WIB nanti, Candi Borobudur embali ditutup untuk umum. Adapun puncak peringatan Waisak akan dilangsungkan pukul 19.00 WIB dengan pembacaan doa dan pelepasan lentera.(IDS/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.