Sukses

Ratusan Polisi Disiagakan di Puncak

Polres Bogor menerjunkan sekitar 150 aparatnya untuk mengantisipasi kemacetan pada libur panjang kali ini di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Mereka disiagakan mengatur lalu lintas di 40 titik rawan macet.

Liputan6.com, Bogor: Kepolisian Resor Bogor menerjunkan sekitar 150 aparatnya untuk mengantisipasi kemacetan pada libur panjang kali ini di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. "Mereka disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas di 40 titik rawan kemacetan di jalur Puncak," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Hendra Gunawan, Jumat (28/5).

Hendra mengatakan, kepadatan arus sudah terlihat sejak Kamis (27/5). Banyak warga yang usai bekerja, katanya, langsung menuju puncak lebih awal agar tidak terkena macet.

Jumat pagi ini, kepadatan arus mulai terlihat dari arah Jakarta menuju Puncak. Arus padat lancar terlihat dari arah tol Jagorawi hingga Simpang Gadok. Sedangkan dari arah Cianjur menuju Jakarta juga padat lancar.

Kepadatan arus tidak menyebabkan macet total. Kendaraan masih dapat berjalan dengan kecepatan 15 km per jam. Polisi juga memberlakukan sistem buka tutup terpenggal di titik-titik padat macet di kawasan Puncak.

"Kita akan memberlakukan sistem satu arah (one way) jika situasi sudah tidak memungkinkan (situasional), tapi biasanya kita berlakukan sore hari sekitar jam 15.00 WIB," jelas Hendra.

Ada pun titik rawan kemacetan yang akan diberlakukan sistem buku tutup, di antaranya kawasan Pasir Angin, Megamendung, Cimori, Taman Wisata Matahari, Lokawiratama, dan Pasar Cisarua. Hendra  mengimbau bagi pengunjung dan pengendara kendaraan bermotor, untuk mewaspadai kawasan rawan macet dan rawan kecelakaan.

"Waspadai juga jalur rawan kecelakaan, seperti Gunung Mas, Riung Agung, Mesjid At Taun, dan Mel Rimba. Di kawasan ini terdapat tanjakan dan tikungan tajam, hati-hati kala hujan turun," kata Hendra.

Selain itu, Hendra juga mengimbau para pengguna jalan untuk mematuhi aturan dan rambu-rambu yang berlaku. Ia menyinggung kemacetan akibat kendaraan yang parkir di pinggir jalan.

Libur panjang kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Raya Waisak 2554. Dan banyak warga yang memanfaatkannya untuk berlibur.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.