Sukses

Menko Kesra Dukung Gesang Jadi Pahlawan Nasional

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mendukung almarhum Gesang Martohartono menjadi pahlawan nasional di bidang budaya.

Liputan6.com, Solo: Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mendukung almarhum Gesang Martohartono menjadi pahlawan nasional di bidang budaya. "Saya mendukung penuh usulan dari masyarakat untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Gesang," kata Menko Kesra Agung Laksono usai melayat jenazah legenda musik keroncong, Gesang di rumah duka, Solo, Jumat (21/5) pagi.

Agung menjelaskan pihaknya akan membawa usulan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Gesang untuk segera diproses lebih lanjut. Presiden selama ini mengambil keputusan tentang pemberian gelar pahlawan berdasarkan usul dari Dewan Tanda-Tanda Kehormatan Republik Indonesia.

Agung juga mengatakan gelar pahlawan nasional di bidang budaya kepada Gesang sangat pantas diberikan mengingat jasa almarhum dalam mengembangkan musik
keroncong.

Sementara itu, Wakil Walikota Surakarta, FX Rudyatmo mengatakan pihaknya mengajukan usulan untuk menjadikan Gesang sebagai pahlawan nasional karena karyanya terbukti membawa harun nama bangsa dan negara. "Liriknya sangat dikenal, bahkan Bengawan Solo diterjemahkan ke 13 bahasa asing," katanya. Karena itu, pihaknya mengusulkan Gesang untuk menjadi pahlawan nasional kepada Pemerintah Pusat.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.