Sukses

Nilai Rata-rata UN SMPN 1 Tulungagung Tertinggi

SMPN 1 Tulungagung meraih nilai rata-rata ujian nasional tertinggi dalam dua tahun terakhir. Tahun ini, dari 364 siswa, nilai rata-ratanya mencapai 37,35.

Liputan6.com, Tulungagung: Nilai rata-rata tertinggi ujian nasional sekolah menengah pertama tak diperoleh para siswa dari kota-kota besar yang bangunan sekolahnya mewah. Sebaliknya siswa-siswa berprestasi muncul dari sekolah yang boleh dibilang gedungnya biasa-biasa saja.

SMP Negeri 1 Tulungagung, Jawa Timur, meraih nilai rata-rata ujian nasional tertinggi dalam dua tahun terakhir. Tahun ini, dari 364 siswa, nilai rata-ratanya mencapai 37,35. Tahun lalu lebih besar lagi yaitu 38,80. Dari jumlah itu, sebanyak 204 siswa nilai matematika 10.

Bandingkan dengan raihan prestasi SMP di Jakarta. Tahun ini, sebanyak 39 ribu lebih atau 28,97 persen alias hampir sepertiga peserta ujian nasional tidak lulus. Ini perolehan yang sangat anjlok dibanding tahun lalu yang tidak lulus hanya 295 siswa orang atau 0,02 persen saja.

Para siswa yang tidak lulus memang bisa mengikuti ujian ulangan pada 17 hingga 20 Mei mendatang. Namun jebloknya prestasi tahun ini tentu mencuatkan pertanyaan ketika anggaran pendidikan di wilayah DKI sudah dinaikkan. Anggaran pendidikan naik, prestasi justru jeblok.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini