Sukses

Berlatih Hitung Cepat di Usia Dini

Jari tidak kalah cepat dengan kalkulator dalam berhitung. Tidak percaya? Ratusan bocah yang duduk di sekolah dasar menguji kemampuan mereka dalam "Olimpiade Jari Hitung Cepat" di Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jabar.

Liputan6.com, Bogor: Menghitung dengan kakulator adalah metode cepat untuk mendapatkan hasil berupa angka yang pasti. Bila tidak ada kakulator, apakah Anda masih mampu menghitung dengan cepat?

Sekitar 500 anak sekolah dasar seluruh Indonesia menguji keterampilan mereka menggunakan jari dalam Olimpiade Jari Hitung Cepat tingkat nasional di Taman Buah Mekarsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (2/5). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Ada tiga kategori dalam olimpiade tersebut, dibagi berdasarkan usia dan kelas para siswa. Hal lucu yang terekam dalam lomba tersebut, ternyata tak sedikit siswa yang menangis lantaran terlambat menyelesaikan soal. Namun tak sedikit yang dengan santai menghitung mengikuti instruksi.

Metode hitung cepat ini sangat bermanfaat bagi anak usia dini. Selain dapat melatih kinerja otak, jari hitung cepat bisa mengurangi ketergantungan anak pada kalkulator.(OMI/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini