Sukses

For Indonesia Usung Sebelas Tuntutan

Satu di antara elemen massa yang berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia di Jakarta, Front Oposisi Rakyat (FOR) Indonesia, mengusung 11 tuntutan buruh kepada pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta: Kaum buruh sedunia memperingati May Day pada hari ini. Pun demikian di Jakarta, yang bakal diramaikan puluhan unjuk rasa buruh [baca: Jakarta Diwarnai Aksi Buruh].

Menurut aktivis Front Oposisi Rakyat (FOR) Indonesia Zaki Husein saat ditemui, Sabtu (1/5), mereka akan menuntut dihapuskannya liberalisasi kebijakan perburuhan, penghapusan sistem pemutusan hubungan kerja (PHK) yang sewenang-wenang, dan menolak sistem outsourcing atau alih daya.

Tuntutan lainnya adalah penghapusan kekerasan, kriminalisasi, dan pelanggaran hak asasi manusia bagi rakyat pekerja, baik perempuan maupun laki-laki, dihapusnya larangan berserikat bagi rakyat pekerja (union busting), peniadaan sistem pasar tenaga kerja serta melawan penjualan asset-aset vital strategis bangsa kepada pemodal asing.

Mereka juga menuntut nasionalisasi seluruh aset tambang, minyak dan gas (migas), perkebunan, serta aset strategis lainnya untuk kesejahteraan rakyat, menolak perjanjian perdagangan bebas (FTA/FTZ) dan melawan bentuk-bentuk privatisasi aset-aset bangsa.

FOR Indonesia, imbuh Zaki, mendesak pula penghapusan utang lama dan menolak utang baru untuk kesejahteraan rakyat serta menentang revisi Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003. Mereka pun mendesak adanya UU baru yang pro-buruh.

Massa FOR Indonesia memusatkan aksi di Istana Negara, dengan sejumlah lokasi kumpul di antaranya di Kementerian Tenaga Kerja dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). "Aksi dimulai dari Kementerian Tenaga Kerja, mulai pukul 08.30 sampai 10.00 WIB dan selanjutnya massa menuju Bundaran HI," katanya. Di HI, massa aksi akan bertemu dengan elemen yang lain dan bersama-sama berjalan menuju Istana Negara.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini