Sukses

Ular Juga Butuh Perhatian

Ular selama ini dikenal sebagai satwa buas yang cukup menakutkan. Namun siapa sangka, ternyata hewan melata ini termasuk hewan yang manja.

Liputan6.com, Medan: Kebun binatang Kota Medan, Sumatra Utara, bersama sebuah lembaga swadaya masyarakat Zoo Reptil Club sengaja melakukan kegiatan menjaga kesehatan ular lewat prosesi memandikan satwa melata tersebut. Memandikan ular phyton, tentu memacu adrenalin. Sejumlah pengunjung pun terlihat antusias melihat pemandangan yang jarang dipublikasikan ini.

Tapi, tentu saja yang memandikan ular ini bukan sembarang orang. Mereka adalah orang yang sudah terlatih dan cukup mengenal karakter hewan melata ini secara keseluruhan.

Uniknya, ular tersebut dimandikan dengan air daun sirih. Kegiatan ini sengaja dimanfaatkan untuk melatih para anggota LSM yang baru, agar nantinya mereka bisa terlatih dan lebih mengenal ular.

Bahkan dari kegiatan ini, mereka mengetahui ular bukanlah binatang menakutkan seperti yang selama ini dibayangkan. Menurut pihak Kebun Binatang Medan, kegiatan memandikan ular ini dilakukan sepekan sekali.

Berbeda dengan ular antiseptik yang hidup di alam bebas, ular di kebun binatang yang hidup terkekang memang harus selalu dijaga kesehatannya dengan cara memandikan secara rutin.(IDS/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.