Sukses

Terbukti Menjiplak, Gelar Doktor Dosen ITB Dicabut

Pihak ITB resmi membatalkan gelar doktor yang diberikan kepada Mochamad Zuliansyah, dosen yang diduga melakukan penjiplakan karya ilmiah.

Liputan6.com, Bandung: Pihak Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, Sabtu (24/4), resmi membatalkan gelar doktor yang diberikan kepada Mochamad Zuliansyah, dosen yang diduga melakukan penjiplakan karya ilmiah. Tiga pembimbing Zuliansyah juga mendapat sanksi berupa tegoran tertulis karena dinilai kurang cermat dalam proses bimbingan.

Keputusan pencabutan gelar doktor Zuliansyah dilakukan setelah tim dekanat serta guru besar ITB meneliti disertasi yang bersangkutan. Disertasi berjudul Model Topologi Geometri Spasial Tiga Dimensi milik Zuliansyah dipastikan mengambil bahan dan ide Siyka Zlatanova dan tidak menyebutkan sumbernya.

Menurut Rektor ITB disertasi Mochamad Zuliansyah terbukti hasil penjiplakan. Sesuai dengan peraturan akademik dan kemahasiswaan di ITB dan juga kode etik ilmiah yang berlaku universal maka disertasi dan ijazah doktor Mochamad Zuliansyah dinyatakan tidak berlaku. Rektor ITB mangaku sangat menyesalkan kejadian ini.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini