Sukses

Batik Lukis di Atas Kain Sutera

Bosan dengan motif batik yang ada? Kini Anda bisa mencoba batik lukisan atau mungkin tertarik dengan kain songket antik berusia 100 tahun.

Liputan6.com, Jakarta: Berbeda dengan batik biasa yang dicetak atau dicanting, kini batik asal Bali dilukis di atas kain sutera, istilahnya full hand painting. Kain lukisan ini sempat mendapatkan penghargaan dari badan dunia Silk of Exelent pada 2007 lalu.

Proses pembuatannya cukup lama, antara tiga pekan sampai tiga bulan per kain. Harganya berkisar satu sampai tiga juta rupiah. Sang pemilik butik Tjok Istri Ratna mengaku memiliki ramuan cat khusus dan kuas tersendiri untuk melukis.

Selain itu, bagi penggemar dan kolektor kain antik, songket benang mas jantung asal Palembang juga cocok untuk dijadikan koleksi. Kain ini berusia 100 tahun dan dibuat dari benang emas. Dahulu kain ini biasa digunakan para raja dan ratu saat hajatan besar, seperti perkawinan.

Saking berharganya, harga kain pun cukup mahal yaitu sekitar Rp 60 juta. Selain kain antik, ada juga perhiasan kuno yang bahan dasarnya perak dilapisi emas. Motifnya kebanyakan burung, ular, naga, serta berbagai jenis bunga.(IDS/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.