Sukses

Ada Papan dan Pion Catur Batik di Karanganyar

Ide membuat pion dan papan batik dicetuskan Sumartoyo, perajin catur batik di Desa Bulu, Karanganyar, Jateng. Harganya paling mahal Rp 2,7 juta.

Liputan6.com, Karanganyar: Pion catur berwarna hitam, cokelat, atau putih polos sudah sering Anda lihat. Demikian pula papan caturnya yang berwarna hitam dan putih. Tapi batik? Unik bukan. Pion ini adalah karya Sumartoyo, perajin catur batik di Desa Bulu, Karanganyar, Jawa Tengah. "Catur adalah permainan rakyat. Batik juga hasil karya rakyat. Kemudian antara catur dan batik saya jadikan satu. Semuanya untuk rakyat," tutur Sumartoyo, Senin (12/4).

Karya Sumartoyo laris terjual hingga mancanegara. Cara membuat hampir sama dengan memproduksi kain biasa. Sumartoyo mematok harga catur batik karyanya tergantung ukuran, mulai Rp 300 ribu sampai Rp 2,7 juta. Dengan begitu Anda bisa bermain catur sambil melestarikan budaya Indonesia.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini