Sukses

Titam, Gabungan Tiket KA, Damri, dan Kapal

Empat BUMN mengeluarkan Tiket Terpadu Antar Moda (Titam). Titam memberi kemudahan penumpang agar tak mengurus pembelian tiket tiap berganti moda transportasi.

Liputan6.com, Jakarta: Kabar baik untuk pengguna jasa transportasi lintas provinsi. Masyarakat dapat menikmati layanan baru tiket tunggal yang dapat dipakai dua hingga tiga jenis transportasi sekaligus sehingga penumpang bus yang akan melanjutkan perjalanan dengan kereta atau kapal tidak perlu membeli tiket berkali-kali.

Tiket Terpadu Antar Moda (Titam) hadir atas kerjasama empat badan usaha milik negara yaitu PT Kereta Api Indonesia, Indonesia Ferry, Pelni, dan Perum Damri. Menggunakan sistem single ticketing online, Titam memberikan kemudahan warga agar tak mengurus pembelian tiket berkali-kali setiap akan berganti moda transportasi.

Untuk saat ini, rute yang menyediakan layanan Titam baru dua yaitu reguler Bandung-Gambir-Tanjungkarang-Kertapati-Palembang dan rute non reguler Bandung-Gambir-Tanjungpriok-Sekupang-Batam. Untuk mendapatkan Titam, calon penumpang dapat menghubungi nomor 121 dari telepon rumah atau 021-213 91121 dari telepon seluler.

Selanjutnya calon penumpang mendapat kode booking. Namun Titam tak dapat dibeli pada saat hari keberangkatan. Pemesanan hanya dapat dilakukan mulai H-30 sampai H-1. Untuk satu pembelian tiket dengan menggunakan tiga armada yaitu, damri, kereta api, dan fery dikenakan biaya mulai dari Rp 800 ribu sampai dengan Rp 950 ribu.

Pihak kereta api menjamin pengembalian tiket apabila dalam perjalanan salah satu armada mengalami gangguan teknis. Kereta anjlok, misanya. Jika itu terjadi, pemilik Titam dapat meminta ganti rugi senilai harga tiket di loket empat BUMN itu. Jika dua rute perdana ini berjalan baik, akan dibuka sejumlah rute baru.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini