Sukses

Mandi Minyak Goreng Panas, Siapa Berani?

Umat Budha di Makassar, Sulsel, memiliki ritual unik ketika menyambut hari kelahiran Dewi Kwan Im. Mereka berebut mencelupkan anggota tubuh ke dalam kuali berisi minyak goreng panas.

Liputan6.com, Makassar: Umat Budha di Makassar, Sulawesi Selatan, belum lama ini, menggelar prosesi ritual pengobatan mandi minyak panas. Ratusan warga berebutan mencelupkan anggota tubuh ke dalam minyak karena hal itu diyakini bisa menjauhkan mereka dari penyakit.

Ritual itu diawali dengan doa dan penyembahan kepada Dewi Kwan Im. Mereka berharap bisa memperoleh berkah dari Sang Dewi Suci. Selanjutnya minyak dipanasi dan diberi doa-doa oleh para Duta Dewa (Tang Sin), warga beramai-ramai mencelupkan tangan ke minyak.

Menurut Felix Wuisan, Ketua Wihara Cetiya Istana, ritual kali ini merupakan kali dua digelar di Makassar. Yang pertama diadakan 40 tahun silam. Ia menambahkan, perlu izin dari para dewa jika vihara ingin melaksanakan mandi minyak goreng panas.

Anda berani mencoba?(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini