Sukses

Paskah Tak Lengkap Tanpa Lilin

Merayakan Paskah tak lengkap tanpa lilin Paskah. Itulah sebabnya pembuat lilin Paskah dari Sleman, Yogyakarta, kebanjiran pesanan.

Liputan6.com, Yogyakarta: Menyambut Paskah, pernak-pernik seperti lilin maupun salib ramai diburu masyarakat. Pembuat lilin Paskah pun kebanjiran pesanan. Lilin-lilin Paskah bervariasi ukurannya mulai dari yang tingginya 10 sentimeter hingga satu meter. Harganya mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 200 ribu.

Salah satu sentra pembuat lilin Paskah ada daerah di Sleman, Yogyakarta. Proses pembuatan lilin sangat sederhana. Pertama parafin dimasak hingga mencair lalu diberi stearin sebagai pengeras serta dibentuk sesuai cetakan. Setelah kering, lilin dipotong-potong dan dikemas dengan plastik.

Supaya lebih lengkap, cinderamata dari timah khas Bangka Belitung bisa menjadi pilihan untuk merayakan Paskah. Sampai saat ini pembuat cinderamata masih menggunakan cara-cara lama untuk membuatnya. Tak rumit tapi perlu ketelitian. Harganya mulai dari Rp 30 ribu hingga puluhan juta rupiah.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.