Sukses

Kak Seto Minta UN Dievaluasi

"Apa betul UN dapat meningkatkan kualitas pendidikan? Saya sangat berharap, ada semacam introspeksi terhadap UN sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan," kata Seto Mulyadi.

Liputan6.com, Yogyakarta: Pemerhati anak, Seto Mulyadi, menilai perlu evaluasi terhadap efektifitas ujian nasional sebagai penentu kelulusan siswa. "Apa betul UN dapat meningkatkan kualitas pendidikan? Saya sangat berharap, ada semacam introspeksi terhadap UN sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan," kata Seto Mulyadi.

Di sela-sela acara pengenalan obat generik berlogo di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Kamis (1/4), lelaki yang akrab disapa Kak Seto ini mengatakan, UN seharusnya bukan menjadi penentu keberhasilan pelajar dalam menempuh pendidikan. Namun UN untuk melakukan pemetaan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia.

Ia mengatakan keberhasilan pendidikan tidak bisa dinilai hanya dari hasil ujian selama beberapa hari, tapi harus dari seluruh proses yang menyertainya. "Artinya, yang dinilai bukan potret hasil ujian selama tiga atau empat hari, tetapi 'film' yang menggambarkan perkembangan anak dari awal hingga akhir. Ini lebih fair," katanya.

Lebih jauh Seto Mulyadi mengatakan, banyak pihak yang merasa keberatan apabila ujian nasional dijadikan sebagai satu-satunya penentu kelulusan siswa dari satuan pendidikan. "Pendidikan adalah bagaimana mengembangkan kreativitas anak, dan bukan meminta anak untuk menjawab soal pilihan," kata Kak Seto.(JUM/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini