Sukses

Jelang Paskah, Perajin Lilin Kebanjiran Order

Pernak-pernik seperti lilin dan salib di Sleman, Yogyakarta, ramai diburu menjelang perayaan Paskah. Para perajin mengaku kebanjiran order.

Liputan6.com, Pandowoharjo: Menjelang perayaan Paskah esok, sejumlah aksesori seperti lilin serta salib ramai diburu masyarakat. Di Yogyakarta, para pembuat pernak-pernik Paskah mengaku kebanjiran order hingga 100 persen. Tak hanya dari dalam negeri, pesanan pun datang dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Mariana Henuk, perajin lilin asal Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, telah menghabiskan sepuluh karung parafin atau bahan baku lilin untuk keperluan Paskah 2010. Harga lilin Mariana dijual berdasarkan ukuran dan tinggi, mulai dari Rp 4 ribu hingga Rp 200 ribu.

Proses pembuatan lilin ternyata cukup sederhana. Pertama, parafin dimasak sekitar satu jam dan dicampur stearin agar mengeras. Selang beberapa waktu, lilin pun siap diubah dalam beragam bentuk unik. Setelah kering, lilin dipotong, dikemas, dan dipasarkan ke berbagai wilayah.(WIL/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini