Sukses

Konferensi ILGA Ke-4 akan Diadakan di Indonesia

Konfernsi ILGA ke-4 akan segera diselenggarakan di Indonesia. Rencananya acara akan berlangsung sejak 26-28 Maret 2010. Konferensi kali ini menggunakan tema bertajuk "LGBT ASIA Moving Forward!".

Liputan6.com, Jakarta:  Asosiasi Internasional Lesbian, Gay, Biseksual, Trans dan Interseks (ILGA) akan segera mengadakan konferensi regional ke-4 di Indonesia terhitung mulai tanggal 26-28 Maret 2010. Konferensi dengan tema yang mengangkat "LGBT ASIA Moving Forward!" akan diikuti lebih dari 150 aktivis Lesbian Gay Biseksual Trans dan Interseks (LGBTIQ) dari seluruh penjuru Asia. Demikian dilansir situs resmi ILGA, baru-baru ini.

Sekitar 100 organisasi Lesbian Gay Biseksual Trans dan Interseks saat ini telah menjadi anggota ILGA-ASIA. Gaya nusantara akan menjadi tuan rumah Konferensi ILGA Asia ke-4. Tujuan dari acara ini tak lain untuk menggerakkan komunitas LGBTIQ Asia dan ingin bersama-sama menggapai misi, visi dan tujuan organisasi. Selain itu acara ini juga ingin mempererat tali silahturahmi antar sesama anggota ILGA Asia.

Sebelumnya organisasi untuk kaum yang sama pernah didirikan, yakni International Gay Association (IGA) Tahun 1978 di Inggris. Organisasi ini berfungsi menyediakan forum bagi kelompok aktivis LGBT untuk jaringan dan pertukaran informasi. Konferensi Dunia adalah forum dimana anggota datang bersama-sama.

Tahun 1986, IGA kemudian menjadi ILGA. Perubahan ini untuk mencerminkan kontribusi inklusi dan lesbian. Tahun 1980-an, yang kerja organisasi diperluas untuk proyek pertemuan regional dan konferensi dunia luar. Saat ini, ILGA adalah federasi seluruh dunia yang terdiri lebih dari 560 organisasi lokal, nasional dan internasional, dimana anggotanya, mewakili setiap benua dan berasal dari sekitar 90 negara.

ILGA-Asia termasuk yang terbesar dan paling beragam dalam hal cakupan area. Konferensi regional pertama diselenggarakan di Mumbai, India Tahun 2002. Kemudian berturut-turut diadakan di Cebu, Filipina, 2005. Konferensi ketiga dilaksanakan tanggal 24-27 Januari 2008 di Chiang Mai, Thailand, dimana sekitar 160 aktivis LGBT dari Asia hadir.

Pada konferensi regional terakhir, para aktivis LGBT membahas isu-isu LGBT di bawah tema "Equality in Diversity Sekarang!", sekaligus memilih Dewan kerja untuk pertama kalinya.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini