Sukses

Kerajinan Miniatur dari Batang Korek Api

Batang korek api bekas sebaiknya jangan dibuang percuma. Seorang pengrajin di Lumajang, Jatim, mengubah batang korek api bekas menjadi beragam kerajinan miniatur.

Liputan6.com, Lumajang: Batang korek api bekas biasanya hanya dianggap sampah. Namun, bagi Ichwan Syahyudi, warga Desa Wonorejo, Lumajang, Jawa Timur, batang korek api bekas bisa diubah jadi aneka miniatur yang indah, mulai dari miniatur hotel hingga kincir angin khas Belanda.

Menurut Ichwan, belum lama ini, cara membuat kerajinan tersebut cukup sederhana. Batang korek api bekas disambung dengan lem kayu dan dibentuk sesuai dengan desain yang akan dibuat. Agar terlihat lebih cantik, miniatur itu kemudian disemprot dengan pernis. Tapi, kata Ichwan, musim hujan seperti sekarang ini bisa menjadi sedikit kendala karena lem kayu sulit kering.

Setiap miniatur dijual berdasarkan ukuran dan tingkat kesulitannya, yakni antara Rp 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Berkat kerajinan korek api bekas itu, kini Ichwan bisa menghidupi keluargannya.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.