Sukses

BMKG: Musim Kemarau 2010 Diperkirakan April

Secara umum kemarau 2010 terjadi pada April besok. Di NTT, musim kemarau sudah dimulai sejak Maret 2010. Sementara di Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, kemarau diperkirakan baru datang pada Juli.

Liputan6.com, Jakarta: Musim kemarau 2010 ini diperkirakan hadir pada April mendatang. Demikian hasil paparan Prakiraan Musim Kemarau 2010 yang diselenggarakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Gedung BMKG di Jakarta, Selasa (9/3).

Menurut Kepala BMKG Sri Woro B. Harijono, awal musim Kemarau di 220 Zona Musim (ZOM) diperkirakan secara umum terjadi pada April, Mei, dan Juni. Namun di beberapa daerah, kemarau telah terjadi. Misalnya di Nusa Tenggara Timur, musim kemarau sudah dimulai sejak Maret 2010. Sementara di Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, kemarau diperkirakan baru datang pada Juli.

Sri menambahkan, sifat hujan di sebagian besar ZOM diperkirakan masuk kategori Normal dan Bawah Normal. Dan dibanding rata-rata selama 30 tahun—terhitung sejak 1971 hingga 2000—awal terjadinya kemarau pada tahun ini umumnya sama dan mundur terhadap rata-rata

Di luar perhitungan tadi, sebenarnya kemarau justru sudah berlangsung, bahkan jauh sebelum Februari silam. Buktinya, puluhan desa yang tersebar di 16 dari 22 kecamatan di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, dilaporkan terancam rawan pangan sebagai dampak kemarau panjang yang melanda wilayah itu [baca: Puluhan Desa di Sumba Timur Rawan Pangan]. Jumlah desa yang mengalami ancaman rawan pangan ini diprediksi terus meningkat.(EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.