Sukses

Petir dan Angin Kencang Ancam Sejumlah Daerah

Sejumlah daerah yang terancam cuaca buruk antara lain pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian selatan, Kalimantan bagian timur dan selatan, serta Jawa. Termasuk, wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Liputan6.com, Bandar Lampung: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca selama 19-22 Februari 2010, yakni berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Berdasarkan laporan resmi BMKG, Jumat (19/2), ada sejumlah daerah yang terancam cuaca buruk seperti itu. Yakni, pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian selatan, Kalimantan bagian timur dan selatan, serta Jawa. Termasuk, wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Sulawesi bagian tengah, Sulawesi bagian selatan dan tenggara, Maluku Tengah, Nusa Tenggara bagian utara, Papua bagian barat dan selatan. Prediksi tersebut dikeluarkan mengingat adanya daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat daya Sumatra. Adapun daerah pumpunan atau kumpulan angin memanjang dari Laut Banda, Laut Arafuru hingga Papua bagian selatan.

BMKG menyebutkan pula, kondisi suhu muda laut di perairan Indonesia masih hangat sehingga mendukung suplai uap air bagi proses pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia. Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara tinggi pada siang hari di beberapa wilayah mendukung pertumbuhan awan hujan seperti awan Cumulonimbus. Awan-awan tersebut berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.