Sukses

Awas Hujan Lebat Angin Kencang Melanda

Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, selama tiga hari ke depan mulai Selasa (16/2) ini.

Liputan6.com, Jakarta: Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, selama tiga hari ke depan mulai Selasa (16/2) ini. Berikut daerah lain yang berpotensi hujan lebat: Pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian Utara dan Selatan, Kalimantan bagian Barat dan Selatan, Jawa bagian Barat dan Pesisir Selatan Jawa, Sulawesi bagian Tengah dan Tenggara, Maluku Tengah, serta Papua bagian Tengah dan Selatan. Demikian peringatan dini dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Potensi cuaca buruk tersebut diakibatkan adanya daerah tekanan rendah di Australia Utara dan Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatra yang membentuk pertemuan angin memanjang dari Kalimantan bagian Barat hingga Pesisir Barat Lampung, serta dari Selat Makassar hingga Laut Arafuru. Sementara kondisi suhu muka laut di perairan Indonesia masih hangat sehingga mendukung pasokan uap air bagi proses pertumbuhan awan hujan di berbagai tempat Indonesia.

Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi pada siang hari di beberapa wilayah mendukung pertumbuhan awan jenis Cumulonimbus. Awan jenis ini berpotensi menimbulkan hujan berintensitas sedang-lebat yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini