Sukses

Rekor Mengendarai Motor Mata Tertutup Pecah

Brian Murpratomo menempuh jarak 106 km dengan waktu 2 jam 45 untuk memecahkan rekor MURI sebelumnya sejauh 61,1 km. Prestasi Brian dicatat dalam MURI yang ke-4138.

Liputan6.com, Balikpapan: Museum Rekor Indonesia (MURI) kembali mencatat rekor baru mengendarai sepeda motor dengan mata tertutup. Brian Murpratomo, warga Balikpapan, Kalimantan Timur, membutuhkan waktu 2 jam 45 menit dengan jarak tempuh 106 kilometer untuk memecahkan rekor sebelumnya, 61,1 km.

Diawali dari halaman Kantor Walikota Balikpapan, Brian dengan mata tertutup melesat menuju luar Kota Balikpapan. Ia ke arah Samboja KM 38, memutar ke Jembatan Sei Merdeka, Gunung Tembak, Batakan, dan finis di e-walk Jalan Jenderal Sudirman. Sebenarnya jarak yang ditempuh adalah 113 km, sesuai hari jadi Balikpapan. Namun karena terdapat perbedaan perhitungan dari speedometer mobil dan motor, akhirnya ditetapkan jarak yang dipecahkan 106 km.

Brian dikawal Komunitas Motor Balikpapan dengan rata-rata kecepatan 40 km per jam. Sepanjang perjalanan kru yang mendampinginya bertugas memberi petunjuk berupa kode klakson untuk jalan menikung dan suara knalpot untuk belok kiri. Untuk memecahkan rekor baru ini, Brian hanya butuh latihan selama tiga hari.

Ia sedikit mengalami gangguan ketika kembali memasuki Kota Balikpapan. Tiba-tiba ia tak dapat mendengar. "Saya sempat blank, tidak bisa mendengar apapun. Setelah berhenti lima menit saya bisa melanjutkan perjalanan lagi sampai akhir," ujar Brian.

Prestasi Brian dicatat dalam MURI yang ke-4138. Penghargaan berupa piagam Muri diserahkan Paulus Pangka dan Wakil Walikota Balikpapan. Sedangkan rekor sebelumnya dipecahkan Rudiono Imam Irianto pada 21 Desember 2003 di Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia menempuh jarak 61,1 kolometer dalam waktu 1 jam 30 menit.(YNI/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.