Sukses

Empat Patung untuk Gus Dur

Sejumlah seniman di Magelang membuat patung Gus Dur. Empat patung dalam berbagai refleksi itu untuk memperingati 40 hari meninggalnya Gus Dur.

Liputan6.com, Magelang: Sejumlah seniman di Magelang, Jawa Tengah, membuat patung mantan Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Empat patung dalam berbagai refleksi itu untuk memperingati 40 hari meninggalnya Gus Dur.

Empat buah patung masing-masing diberi nama, Sinar Hati Gus Dur, Presiden di Sarang Penyamun, Gunung Gus Dur, dan Gladiator Gus Dur. Sesuai dengan karakter Gus Dur yang selalu ceria, patung juga dibuat dengan ekspresi lucu, jenaka dan bersahabat.

Masing-masing patung punya makna tersendiri. Gladiator Gus Dur misalnya, menggambarkan sosok cucu pendiri Nahdlatul Ulama yang berani melawan tirani kekuasaan dan memberantas ketidakadilan.

Ismanton, salah seorang seniman mengatakan, pembuatan patung sebagai bentuk kecintaan mereka kepada Gus Dur. Selain itu agar masyarakat dapat terus mengenang Gus Dur beserta ajaran dan prinsip hidupnya.

Lebih jauh Ismanto menuturkan, Gus Dur di kalangan seniman dipandang sosok yang sederhana dan mampu mempersatukan perbedaan pendapat, budaya, dan perbedaan keyakinan. Gus Dur juga dianggap selalu mampu mengambil posisi bersama rakyat.(ARL/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.