Sukses

PMI Surabaya Unit Transfusi Darah Terbaik

"Yang terbaik itu dilihat dari segi fisik, cara kerja, dan senyum dalam melayani masyarakat pendonor," kata Ketua Umum Pengurus Pusat PMI Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Surabaya: Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla menilai PMI Cabang Surabaya adalah unit transfusi darah cabang terbaik. "Yang terbaik itu dilihat dari segi fisik, cara kerja, dan senyum dalam melayani masyarakat pendonor," katanya dalam kunjungan kerja ke PMI Cabang Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/2).

Didampingi Ketua Harian PMI Cabang Surabaya R. Indiarto, Kalla sempat meninjau ruang dan peralatan di ruang pendonor, ruang laboratorium saring dan silang darah, dan sebagainya. Menurut mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu, PMI selama ini dikenal dengan dua kegiatan menonjol yakni unit tranfusi darah dan penanggulangan bencana alam.

"Sifatnya memang sukarela, tapi meski kegiatan sosial tetap perlu dilakukan profesional. Dengan pelayanan yang profesional, maka masyarakat tak akan ragu untuk membantu," katanya. Apalagi kebutuhan darah merupakan kebutuhan darurat seperti halnya bencana alam, karena itu kesiapsiagaan secara profesional merupakan hal yang terpenting.

"Lebih cepat, lebih baik, karena sifatnya yang sewaktu-waktu. Secara nasional, kita masih dapat menyediakan 1,7 juta kantong darah per tahun, tapi tahun depan kita targetkan tiga juta kantong, karena kebutuhan sebenarnya empat juta kantong per tahun," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kalla memberikan saran agar PMI juga mendekati masyarakat, seperti membuka unit layanan di mal atau fasilitas publik lainnya. Hingga kini, PMI Cabang Surabaya dilaporkan telah memenuhi kebutuhan darah 400-500 kantong per hari untuk melayani 33 rumah sakit dan puskesmas. Bahkan sempat melayani masyarakat luar Surabaya.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini