Sukses

Inayah: Gus Dur Ayah Terbaik

Di mata putri bungsunya, Inayah Wulandari, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah sosok ayah terbaik yang memiliki banyak kelebihan, terutama dalam keberaniannya bersikap dan berbicara.

Liputan6.com, Jakarta: Kepergian mantan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggalkan sejuta kenangan di hati banyak orang, tak terkecuali putri bungsunya, Inayah Wulandari. Bagi Inayah, Gus Dur adalah sosok ayah terbaik yang memiliki banyak kelebihan, terutama dalam keberaniannya bersikap dan berbicara. Sang ayah juga memiliki pendirian teguh yang tak tergoyahkan. "Bahkan ketika hampir semua orang menghujatnya," kata Inayah dalam dialog di Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (9/1).

Karena sikapnya itu, Inayah mengaku secara tidak langsung terpengaruh. Ia pun ingin berkontribusi kepada masyarakat. Inayah bersama kakak-kakaknya merasa perlu melanjutkan perjuangan sang ayah. Apalagi, setelah selama ini ia sering disebut sebagai putri yang memiliki muka dan sikap paling mirip dengan Gus Dur.

Di mata Inayah, almarhum ayahnya juga memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi. Ini terlihat saat mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengadakan pesta ulang tahun di Istana Negara, Jakarta Pusat. Saat itu, Gus Dur mengundang hampir seluruh elemen masyarakat, termasuk etnis Tionghoa dan sejumlah awak media.

Kecintaan dan kepedulian Gus Dur terhadap masyarakat itu lah yang menjadikan gelar pahlawan nasional ramai dibicarakan pada saat ini. Bagi pihak keluarga, usulan pemberian gelar bagi Gus Dur tersebut murni datang dari masyarakat. Inayah mengatakan, sang ayah bukanlah pribadi yang ingin mengejar sesuatu buat dirinya. Melainkan orang yang ingin memberikan yang terbaik bagi bangsa ini.

Walau belum menyatakan secara pasti akan terjun ke dunia politik, Inayah bercita-cita ingin melanjutkan dua hal yang diperjuangkan Gus Dur selama ini, yaitu tegaknya demokrasi di Indonesia dan perdamaian dunia. Untuk saat ini, Inayah mengaku tengah berjuang melalui lembaga sosial masyarakat yang ia dirikan.(WIL/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.