Sukses

Sore Tadi Jenazah Frans Seda Dimakamkan

Jenazah mantan Menkeu Frans Seda dikuburkan di pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jabar, sore tadi. Saat memimpin upacara pemakaman, Menhub Freddy Numberi menitikkan air mata.

Liputan6.com, Karawang: Menteri Perhubungan Freddy Numberi menitikkan air mata saat jenazah almarhum Franciscus Xaverius Seda atau Frans Seda dimasukkan ke liang lahat di pemakaman San Diego Hills, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (2/1) petang. Freddy yang menjadi inspektur upacara pemakaman almarhum mantan Menteri Keuangan pada masa Orde Baru tersebut beberapa kali mengusap air mata. Terutama, sejak jenazah dimasukkan ke liang lahat hingga Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Martinus D. Situmorang membacakan doa untuk mendiang yang wafat dalam usia 83 tahun.

Pemakaman Frans Seda yang dilakukan secara militer berlangsung lancar, meski dalam suasana haru disertai awan mendung. Pemakaman Frans yang dihadiri keluarga, saudara dan sejumlah mantan pejabat serta pejabat negara berlangsung sekitar 2,5 jam. Yakni, pukul 14.20 sampai 15.50 WIB.

Proses pemakaman dimulai dengan apel persada dipimpin Freddy Numbery, kemudian jenazah dimasukkan ke liang lahat, dan dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin Ketua KWI Mgr. Martinus D. Situmorang.

Sebelum dimakamkan, jenazah terlebih dahulu dibawa ke Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, untuk menjalani acara penghormatan terakhir dari pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Dari Atma Jaya, jenazah diberangkatkan ke Gereja Katedral untuk melewati misa oleh Uskup Agung Julius Kardinal Darmaatmadja dan baru pukul 14.10 WIB. Jenazah sampai di kompleks pemakaman San Diego Hills untuk dikuburkan pukul 14.20 WIB [baca: Penghormatan Terakhir untuk Frans Seda di Atma Jaya].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini