Sukses

Sambut Tahun Baru, Nelayan Gelar Sedekah Laut

Di Majene, Sulawesi Barat, ratusan nelayan menggelar tradisi melepas sesajen ke tengah laut. Mereka berharap akan dijauhkan dari marabahaya dan diberi rezeki melimpah.

Liputan6.com, Majene: Beragam cara warga menyambut datangnya tahun baru 2010. Di Majene, Sulawesi Barat, ratusan warga nelayan Pantai Pangalli-ali, Kelurahan Banggae, menggelar sedekah laut, Jumat (1/1). Tradisi tersebut digelar sebagai bentuk persembahan nelayan kepada penguasa laut agar di tahun ini keluarga mereka dijauhkan dari marabahaya dan rezekinya dilipatgandakan.

Belasan perahu diarak ke tengah laut untuk melepas sesajen yang telah diberi doa oleh pemuka agama setempat. Sesajen tersebut berisi nasi ketan empat warna, puluhan telur ayam kampung, dan pisang kepok.

Sejumlah tokoh agama setempat menyebutkan, sedekah laut sudah berlangsung puluhan tahun, terutama di kalangan warga pesisir pantai. Para nelayan pun percaya, banyaknya kecelakan di laut dan gelombang ganas yang kerap menelan korban jiwa dikarenakan banyak warga sudah mulai meninggalkan tradisi nenek moyang mereka.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini