Sukses

Ribuan Mahasiswa Tuntut Kejelasan Legalitas Kampus

Ribuan mahasiswa UISU menggelar unjuk rasa di kantor Kopertis I NAD di Medan, Sumut. Mereka menuntut pihak Kopertis segera memperjelas legalitas akademis kampus mereka.

Liputan6.com, Medan: Ribuan mahasiswa Universitas Islam Sumatra Utara menggelar unjuk rasa di kantor Kopertis I wilayah Nanggroe Aceh Darussalam di Medan, Sumut, Senin (28/12) siang. Mereka kembali menuntut pihak Kopertis segera memperjelas legalitas akademis kampus mereka. Apalagi direncanakan, pada  Selasa (29/12), seribu orang lebih akan menjalani wisuda.

Aksi mahasiswa yang mencoba menerobos ke kantor dihadang ratusan aparat kepolisian yang membentuk barikade di depan pintu masuk. Para pendemo pun hanya bisa menggelar aksi sambil memajang sejumlah poster berisi kecaman terhadap Yayasan UISU dan Kopertis yang dituding tidak tegas dalam menyelesaikan sengketa perebutan kepemimpinan.

Para mahasiswa sempat berang karena ketua Kopertis I NAD, Zainuddin, tidak kunjung menemui pendemo. Namun, akhirnya ia mau turun dan menegaskan saat ini UISU resmi dipimpin seorang rektor bernama Usman. Zainuddin menambahkan hal itu diperkuat keputusan Menteri Pendidikan Nasional.

Jawaban tersebut tidak memuaskan para pengunjuk rasa. Mereka pun terus melontarkan protes sebelum akhirnya membubarkan diri dua jam setelah bertemu pengurus Kopertis.(WIL/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini