Sukses

Ada 76 Juta Keluarga Miskin di Indonesia

Menurut Mensos Salim Segaf al Jufri, jumlah angka kemiskinan di Indonesia saat ini mencapai 76 juta kepala keluarga (KK). Sedangkan penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan di Indonesia sekitar 20 juta KK.

Liputan6.com, Padang: Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf al Jufri menyatakan jumlah angka kemiskinan di Indonesia saat ini mencapai 76 juta kepala keluarga (KK). "Sedangkan penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan di Indonesia sekitar 20 juta KK," kata Mensos di Padang, Sumatra Barat, Selasa (22/12), seperti dikutip ANTARA.

Menurut Mensos, penduduk Indonesia yang berada pada garis kemiskinan dapat dibagi beberapa kelompok. "Kelompok lanjut usia (lansia) telantar, anak-anak telantar, masyarakat tidak layak huni yang dapat dikelompokkan sebagai penduduk Indonesia berada di garis kemiskinan", jelas dia.

Ia menambahkan, pada lima tahun silam angka kemiskinan di Indonesia mendekati sekitar 20 persen. "Sedangkan tahun 2009 ini angka kemiskinan sekitar 14 persen, jadi ada penurunan angka kemiskinan di Indonesia sekitar 46 persen," ucapnya. Dia mengatakan pula, pemerintah pada tahun 2014 akan menargetkan angka kemiskinan di Indonesia berkurang mencapai sekitar delapan hingga 10 persen.

"Persentase angka kemiskinan tahun ini sebesar 14 persen bisa ditekan hingga 8-10 persen pada 2014," ucapnya. Angka kemiskinan ini masih bisa ditekan karena Indonesia memiliki potensi untuk menanggulangi kemiskinan, yaitu struktur perekonomian dan pertumbuhan ekonomi yang baik serta program-program pemerintah untuk kesejahteraan rakyat.

"Saya yakin persentase masih bisa diturunkan jika kita memanfaatkan potensi ini," katanya. Dia mengimbau pemerintah daerah selaku pelaksana lapangan untuk benar-benar memperhatikan kesejahteraan rakyat guna mengurangi angka kemiskinan.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini